Pasar adalah
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan
kemauan untuk membelanjakannya. Pasar dapat juga di
artikan suatu tempat atau interaksi antara pembeli dan penjual dari suatu
barang / jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga
keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Aktivitas usaha
yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua subyek pokok, yaitu
produsen dan konsumen.
Struktur pasar adalah penggolongan pasar
berdasarkan strukturnya.
Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan
menjadi :
1. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibagi menjadi
beberapa macam :
·
Pasar Tradisional
·
Pasar Raya
·
Pasar abstrak
·
Pasar konkrit
·
Toko swalayan
·
Toko serba ada (toserba)
2. Menurut segi jenis barang yang dijual,pasar dapat
dibagi menjadi beberapa macam :
·
Pasar ikan
·
Pasar buah-buahan
·
Pasar sayuran
·
Pasar barang elektronik
·
Pasar barang perhiasan
·
Pasar bahan bangunan
·
bursa efek dan saham
Struktur Pasar Dapat dibagi menjadi :
1.
Pasar Persaingan Sempurna
(perfect competition)
Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis
pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak sekali dan produk
yang dijual bersifat homogen.
Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan
hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di
pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima
harga (price-taker).Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat
homogen,dan tidak dapat di bedakan. Semua produk terlihat identik.
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan
sempurna :
1. Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
2. Produk barang / jasa yang di perdagangkan serba sama (homogen)
3. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
4. Tidak hambatan untuk keluar / masuk bagi setiap penjual
5. Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentuka harga
6. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai Price taker
(pengambil harga).
2. Pasar Persaingan tidak sempurna
·
Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi
antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual / produsen yang
berhadapan dengan banyak konsumen / pembeli.
Ciri-ciri pasar monopoli adalah :
1.
Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2.
Tidak ada barang pengganti / substitusi yang mirip
3.
Produsen memiliki kekuatan untuk menentukan harga
4.
Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena
ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
·
Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi
permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual yang menguasai
seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
1.
Terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar
2.
Barang yang di perjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda
corak, seperti air minum aqua.
3.
Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar
pasar untuk masuk ke dalam pasar.
4.
Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu
penjual yang memiliki / pangsa pasar yang terbesar.
Penjual ini mempunyai kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para
penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contohnya: semen, air mineral,
dll.
·
Pasar Duopoli
Pasar Duopoli adalah Suatu pasar dimana
penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
·
Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah Suatu bentuk
interaksi antara penawaran dan permintaan dimana terdapat sejumlah besar
penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar
yang memiliki sifat monopoli pada spefisikasi barangnya. Sedangkan unsur
persaingan pada banyak penjual produk yang sejenis.
Ciri-ciri pasar monopolistik :
1.
Terdapat banyak produsen yang berkecimpung di pasar
2.
barang yang di perjual belikan merupakan batang yang mempunyai
corak yang berbeda.
3.
Untuk memenangkan persaingan setiap produsen aktif melakukan iklan.
4.
Keluar masuk pasar produk relatif lebih mudah.
·
Pasar monopsoni
Pasar Monopsoni dilihat dari segi
permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam
menentukan harga.
Dalam pengertian ini, pasar monopoli adalah
suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya
hanya satu perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar